Followers

solusi Internet melalui handphone dengan Wap dan SMS

Mungkin sudah sering dengar Wireless Application Protocol, atau yang sering di kenal sebagai WAP. Itu memang salah satu yang di unggulkan di handphone. Cuma terus terang kalau anda mainan WAP ini konsekuensi yang harus di tanggung terutama adalah masalah pulsa yang lumayan mahal. Di samping itu masih sedikit sekali pesawat HP yang mensupport WAP ini, yaitu Nokia 7110, Siemens C35, Siemens S35 & Motorola L seris+. Di Indonesia operator interface WAP ini rasanya masih sedikit, yang jelas akti.

Alternatif lain yang menarik untuk mengakses Internet melalui handphone anda saja, tanpa peralatan tambahan lainnya – artinya tanpa komputer dll - adalah menggunakan Short Message Services (SMS). Untuk aplikasi Internet yang lebih serius dibutuhkan kemampuan SMS yang mengerti smart messaging & TTML (tagged text markup language) protocol. Beberapa jenis HP yang mengerti hal ini adalah Nokia 6150, 8110i, 8210, 8810, 8850, 8890, 8150, 9000 & 9110. Di samping SIM Card dari operator HP yang bisa mengirim & menerima SMS – beberapa prepaid SIM card tidak mensupport SMS, rasanya Telkomsel (Simpati) tidak mensupport SMS. Mungkin dengan kondisi keuangan yang terbatas ada baiknya untuk menggunakan SMS daripada menggunakan WAP yang lebih banyak memakan pulsa. Yang termasuk baik servis SMS-nya.

>Beberapa contoh fasilitas yang mungkin diberikan melalui akses SMS ini juga cukup lumayan beragam mulai dari informasi bisnis, seperti kurs dolar, info stok; e-servis, seperti e-mail, fax, sms, pager; breaking news dari Kompas, Astaga, detik.com, tempo; info entertainment seperti acara TV, joke, horoskop; dll. Ide dasar penggunaan Handphone dengan SMS untuk aplikasi e-mail dapat dilihat di tampilan terlampir. Contoh terlampir di ambil dari Celicom

Tidak ada komentar:

link web sumber uptodate