Followers

Cara memakai sistem tinta infus pada print hp,canon dll

Printer apa saja yang bisa dipasang sistem infus?
Pada dasarnya semua printer yang memilki space atau ruangan yang lebar pada lintasan cartridge bisa diinfus, karena space yang lebar akan dapat memungkinkan gerak yang leluasa bagi selang infus. Tipe printer yang memungkinkan untuk diinfus antara lain : hampir semua tipe printer inkjet Epson dan hampir semua jenis printer terbaru canon mulai s200spx s/d ip1700.

Keuntungan apa yang bisa didapatkan dari sistem infus?
Keuntungan utama yang merupakan fungsi pokok dari system infus adalah adanya supply tinta yang secara terus menerus, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengisi ulang cartridge secara manual. Dan dengan adanya supply tinta yang tiada henti maka cartridge akan selalu terisi oleh tinta dan ini akan membuat lifetime printhead lebih lama. Keuntungan yang lain adalah pada penggunaan printer secara masal untuk pencetakan foto diatas kertas yang bernilai tinggi (misal : kertas glossy), dengan system ini akan membuat pengguna tidak was-was akan kehabisan tinta, karena tabung tinta yang transparan akan dapat mengindikasikan keadaan tinta, dan hal ini akan mengurangi resiko terbuangnya kertas karena pencetakan yang salah diakibatkan oleh factor kehabisan tinta. Dan masih banyak keuntungan lain yang akan anda rasakan jika anda menggunakan system infus.

Apakah system infus memiliki kelemahan?

CISS Developer/Designer
Para pembangun/perancang system infus memegang peranan penting pada banyak atau sedikitnya kelemahan pada system infus yang dibangun. Karena rancangan yang jelek akan memiliki tingkat resiko yang tinggi pada kegagalan fungsi system ini. Disamping itu rancangan yang jelek akan dapat memberikan resiko kerusakan pada printer dikarenakan gangguan pada mekanisme mesin printer yang diakibatkan oleh kesalahan peletakan komponen system infus. Seorang pembangun system infus yang baik akan mempelajari mekanisme mesin printer sebelum memutuskan akan membangun system infus pada printer tersebut.

CISS User
Para pengguna system infus seharusnya bijaksana didalam memilih menggunakan system infus atau tidak pada printernya, dan mendasarkan pilihan tersebut pada kebutuhan mencetak yang akan dilakukan nantinya. Karena pemasangan system infus pada sebuah printer yang jarang digunakan sama dengan menanam bom waktu pada printer tersebut, printer akan kehilangan garansi dan printhead akan rusak karena adanya penumpukan tinta tanpa adanya penyaluran keluar, sehingga tinta membeku dan menyumbat nozzle-nozzle yang ada pada printhead.

CISS COMPONENT
Yang harus diperhatikan sebelum memasang system infus adalah salah satunya adalah memeriksa komponen-komponen system infus yang akan digunakan, sehingga dapat dipastikan bahwa komponen-komponen yang dipasang nantinya adalah komponen yang memiliki fungsi normal dan tidak memiliki cacat fisik ataupun cacat fungsi. Kerusakan pada komponen yang terpasang akan membuat gagalnya fungsi system ini.

Tinta yang digunakan
Penggunaan tipe tinta yang salah akan mengakibatkan gangguan pada hasil cetak dan gangguan pada fungsi printhead yang seiring dengan berjalannya waktu akan merusak fungsi printhead.

saluran pembuangan tinta mutlak dibutuhkan ketika printer dipasang system infus?
Pada hampir semua tipe printer canon saluran pembuangan tidak mutlak diperlukan, hal ini dikarenakan proses pembersihan head yang terjadi tidak banyak mengeluarkan/membuang tinta. Hal ini berbeda dengan printer Epson yang proses pembersihan headnya mengeluarkan hampir sepertiga isi cartridgenya, sehingga pada printer Epson mutlak dibutuhkan saluran pembuangan.

untuk diisikan pada system infus sampai tinta dalam tabung habis?
Untuk penggunaan cetak biasa dan pada printer biasa (bukan cetak foto dan printer foto) lebih baik menggunakan tinta yang encer, sehingga lalu lintas pada selang akan berjalan lancar dan mengurangi resiko terjadinya mampet. Sedangkan untuk cetak foto, tinta yang digunakan disesuaikan dengan printer dan hasil cetak yang diinginkan. Waktu pengisian kembali paling tepat dilakukan ketika isi tabung tinggal sepertiga bagian.

1 komentar:

infus printer mengatakan...

Printer hp sebenarnya tidak cocok untuk diinfus karena tidak ada pompa yang kencang untuk menyedot tinta dari inktank ke dalam cartridge, selain itu letak logicboardnya yang dibagian bawah juga membuat printer jenis ini riskan untuk diinfus

link web sumber uptodate