Followers

sabun spa

SABUN SPA

Pada dinding sebuah goa di Perancis 1.800 tahun lalu, manusia jaman batu mengukir secara jelas bagaimana mereka menggunakan aromaterapi utk mengobati penyakit, mengatasi keletihan dan meningkatkan cara hidup.Di Mesir kuno, pendeta-pendeta menggunakan wewangian aromatik untuk ritual keagamaan dan memakai tumbuhan aromatik untuk pengobatan. Para raja di Mesir bahkan menukartambahkan minyak aromatik, yang dihargai lebih tinggi daripada emas, dengan budak dan barang berharga lainnya.Buku China pertama tentang pengobatan 'Huang Ti Nei Jing' yang disusun tahun 3000 SM, juga menggambarkan berbagai kekuatan pengobatan dan minyak aromatik.Pada tahun 400SM, Hippokrates (Bapak pengobatan di jaman Yunani kuno) mencatat di jurnal pengobatannya sekitar 300 macam kegunaan minyak aromatik untuk tubuh manusia.Orang-orang Romawi kuno menggunakan wewangian untuk menciptakan suasana tenang di kuil-kuil dan bangunan-bangunan pemerintahan. Mereka juga memakai wangi-wangian aromatik untuk dioleskan di tubuh sesudah mandi.Istilah aromaterapi diperkenalkan pada tahun 1928 oleh seorang ahli kimia Perancis: Rene-Maurice Gattefosse. Secara tidak sengaja, tangannya terbakar dan dalam kepanikannya dia mencelupkan tangannya ke dalam minyak lavender murni. Beberapa jam kemudian luka bakarnya sembuh total. Penelitian lebih lanjut menegaskan bahwa minyak aromatik tumbuhan ternyata memang memounyai kekuatan menyembuhkan.Penemuan selanjutnya dilakukan oleh Dr Jean Valnet yang menemukan bahwa minyak aromatik dapat meningkatkan regenerasi sel dan melindungi kita dari bakteri.Penggunaan minyak aromatik untuk peningkatan kesehatan diterapkan dalam PD II dengan sukses gemilang.Marguerite Maury adalah pencetus pertama yang terkenal untuk pemakaian minyak aromatik dalam kecantikan dan perawatan kesehatan. Bukunya "Secrets of Life and Youth" mengungkapkan bahwa setelah penelitian dan uji klinis bertahun-tahun, dia akhirnya menemukan area dimana molekul wangi menghasilkan efek terapi yang nyata. Secara khusus, dia menyebutkan bahwa kita bisa menikmati dampak yang sangat positif dengan menyerap minyak aromatik melalui kulit atau dengan menghirup wanginya. Setelah memasuki tubuh kita melalui saluran pernafasan, minyak aromatik akan menuju pusat syaraf di dalam otak. Kehadiran minyak aromatik ini akan mengaktifkan indra-indra kita, merangsang kemampuan otak dan meningkatkan tenaga.Untuk mendapatkan wawasan lebih luas dari warisan yang sudah berusia ribuan tahun ini, para ahli terlibat dalam penelitian di seluruh dunia. Saat ini, sifat dasar dan pemakaian aromaterapi sudah dikenal luas. Lebih jauh....

Disamping sebagai alat pembersih kulit sabun dapat digunakan untuk relaksasi dan penyegaran. Berikut ini adalah salah satu formulasi sabun transparan untuk aroma terapi.

Bahan

Chip soap 100 gram
PEG 400 2,5 ml
Lexgard P 0,5 ml
Aquadest 50 ml
Oatmeal 10 gram
Parfum secukupnya
Pewarna secukupnya

Cara pembuatan

Timbang Chip Soap = 100 gram, masuk wadah
(1) + PEG 400 = 2,5 ml
(2) + Lexgard P= 0,5 ml
(3) + Aquadest = 50 ml
(4) dipanaskan sambil diaduk-aduk sampai chip soap mencair, kemudian matikan api.
(5) + Oatmeal = 10 gram + pewarna & parfum secukupnya sambil terus diaduk sampai air habis.
(6) tuang ke dalam cetakan yang telah dilapisi dengan kertas roti. Biarkan sampai mengeras selama 3- 4 hari.

keterangan
1. Oatmeal bisa juga digantikan dengan bahan-bahan tambahan lainnya(misalnya : coffee bubuk, beras tumbuk dll)
2. Apabila bahan tambahan lainnya digunakan yang berbentuk cairan (maksimum penambahan 10 cc), sebaiknya Aquadest yang dipakai hanya 30 ml.

Fungsi kandungan natural
SERBUK VANILI : Meningkatkan kreativitas, Meningkatkan energi fisik, Menenangkan, Menghangatkan
COFFEE : Meningkatkan kreativitas & energi fisik
OATMEAL : Menghaluskan kulit/scrub
BERAS TUMBUK : Memutihkan kulit & sebagai scrub dikulit
OLIVE OIL :Mengencangkan & menghaluskan kulit
LAVENDER :Menghilangkan rasa sakit kepala, sakit premenstruasi, stress
PEPPERMINT OIL :- Mengatasi sakit perut, hati & usus, merangsang otak & menjernihkan pikiran, Melegakan pernapasan
MINYAK CENGKEH : Menenangkan & menyegarkan tubuh dan pikiran
MINYAK MAWAR : Mencegah depresi, Sebagai vitamin bagi kulit
TEA TREE OIL : Mencegah infeksi dan jerawat di kulit, Anti jamur
ORANGE OIL : Menciptakan perasaan nyaman dan bahagia pada pikiran dan tubuh
SUSU : Sebagai pelembab dan protein kulit
Madu :Menghaluskan, mencegah bercak-bercak & menyehatkan kulit

Tidak ada komentar:

link web sumber uptodate