Followers

aroma sabun terapi

Membuat sabun dapat dilakukan dengan beberapa metode, proses dingin, semi panas dan fullboiled. Proses dingin sering dilakukan oleh pembuat sabun tradisionil, tidak menggunakan pemanasan, hanya menggunakan pengadukan cepat dengan kecepatan 500 sampai 3500 rpm.

Walaupun dinamakan proses dingin tidak menutup kemungkinan untuk memanaskan minyak yang digunakan agar temperaturnya sama dengan panas kaustik saat kedua bahan tersebut akan dicampur.

Pemanasan langsung maksudnya pemanasan yang digunakan agar suhu minyak atau lemak tidak terlalu berbeda dengan suhu kaustik ketika akan dicampur untuk memulai reaksi saponifikasi. Kaustik dan air jika dicampur akan menyebabkan suhu lye ( campuran kaustik dan air ) naik bahkan bisa mencapai puluhan derajat.


Agar sabun yang didapat baik hasilnya maka sebelum operasi pencampuran suhu minyak dan lye ( campuran kaustik dan air ) sebaiknya harus sama lebih kurang 600 C sampai 700 C. Perbedaan suhu antara kedua bahan yang akan dicampur itu yang paling baik adalah tidak boleh lebih dari 50 derajat.

Tidak ada komentar:

link web sumber uptodate