Followers

Menikmati Segarnya "Jamu Godhog"

Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk) bukanlah pohon yang mudah dijumpai orang di jalanan. Pohon besar yang kerap digunakan untuk papan peti kemas ini ternyata tidak hanya terkenal karena kualitasnya untuk bahan mebel kayu. Jati Belanda yang merupakan pohon berakar tunggang itu ternyata daunnya berkhasiat pula sebagai salah satu bahan utama jamu untuk meluruhkan lemak dan menurunkan kolesterol.

Selain jati Belanda, masih ada sedikitnya 150 jenis tanaman obat yang dibudidayakan Merapi Farma, sebuah usaha yang bergerak di bidang tanaman obat dan jamu tradisional. Di samping membibitkan dan membesarkan berbagai tanaman obat, usaha yang terletak di Jalan Kaliurang Km 21,5, tepatnya di Dusun Sidorejo, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, tersebut juga membuka kedai "Jamu Godhog". Lokasi kebun tanaman obat yang dikelola Merapi Farma di Kabupaten Sleman, Provinsi DI

Yogyakarta itu terbuka untuk umum. Siapa saja yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis tanaman obat berikut khasiatnya, dapat leluasa mengitari kebun obat yang terletak di sisi utara kedai.

Saat menyusuri kebun yang tertata rapi, pengunjung dapat mengenali setiap jenis tanaman dengan mudah, karena sejumlah besar tanaman di pot sudah diberi keterangan nama berikut bagian dari tanaman yang diambil sebagai bahan jamu. Tanaman nampu (Homalomena javanica L) misalnya, tertulis yang diambil adalah akarnya, dan berfungsi sebagai aphrodisiak (perangsang). Tidak semua tanaman yang ada dapat dimanfaatkan sebagai obat langsung. Adapula jenis tanaman yang berfungsi sebagai obat luar. Misalnya, tanaman mindi (Melia azedarach L), berfungsi sebagai pestisida alami bagi tanaman. Perjalanan menelusuri kebun tanaman obat yang bentuknya memanjang dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu tidak terlalu melelahkan, karena udara wilayah Kaliurang cukup sejuk. Untuk melepas penat, pengunjung dapat menikmati jamu di kedai "Jamu Godhog".

Di kedai tersebut tersedia berbagai jenis jamu godok yang berkhasiat menyembuhkan beragam jenis penyakit. Jamu godok, meskipun sedikit lebih pahit atau getir dibandingkan jamu instan, namun terasa lebih segar di badan. Rasa pahit atau getir akan tergelontor dengan air gula jawa yang disediakan untuk mendampingi minuman jamu godok tersebut.

Jika tertarik lebih jauh mengenal tanaman obat dan pemanfaatannya, tempat ini menyediakan paket pelatihan setiap dua atau tiga bulan sekali. Menurut Sidik Raharjo, pemilik Merapi Farma, pelatihan dapat diikuti oleh siapa saja, tidak dibatasi usia, jenis kelamin, dan pendidikan. Pelatihan meliputi pengenalan tentang tanaman obat berikut pemanfaatan dan khasiatnya, hingga mempelajari proses meracik ramuan atau obat dari tanaman obat. Selain memperoleh ilmu baru, pelatihan tentang tanaman obat merupakan salah satu gerakan kembali ke alam untuk mengobati berbagai macam penyakit

1 komentar:

getfreemoney mengatakan...

boleh juga resepnya, makasih ya

link web sumber uptodate